Skip to content

Usaha kecil ada…

October 17, 2012

Usaha kecil adalah keterampilan menjual atau yang lebih akrab di telinga masyarakat dengan istilah selling skill, memang cukup penting untuk mencapai puncak kesuksesan. Sebab, seperti kita ketahui bersama, dunia usaha tidak bisa dilepaskan dari teknik marketing. Apabila strategi pemasaran yang dijalankan bisa berjalan lancar, bisa dipastikan bila bisnis Anda juga bisa berkembang cukup pesat.

Misalkan:

            Sebuah usaha kecil yang berada dekat dengan jalanan adalah tempat yang strategis dikarenakan banyak pengguna jalan yang sejenak berhenti mengistirahatkan dirinya untuk sekedar minum dan makan ini adalah sebuah toko warung yang berada didekat rumah saya. Toko ini awalnya hanya lah penjual minuman,makanan, dll.

            Ketika saya amati demi amati usaha ini sangat berkembang pesat dan hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan katika warung ini berjalan kurang lebih dari satu tahun usaha ini sudah menjual begitu komplitnya barang – barang yang dibutuhkan sehari – hari untuk kehidupan seseorang rahasia sih pemilik bercerita kepada saya usaha yang dijalin oleh beliau benar – benar sangat ditekuninya dengan semangat dan usaha yang gigih beliau memiliki cita – cita ingin menjadi pengusaha yang sukses berawal dari usaha kecil seperti ini tahu kenapa karena beliau bilang “apabila usaha yang kita jalankan berawal dari usaha yang besar tapi kita tidak mempunyai skill maka kita akan jatuh usaha yang kita bangun”.

            Ketika waktu berjalan dua tahun usaha beliau sangat berkembang pesat berbagai cabang usaha dia buka di sekitar bekasi, cabang – cabang lainnya pun sangat pesat perkembangannya seperti di usaha awal dia membangun…

            Beliau berpesan ketika usaha kita sudah berada diatas jangan pernah menjadi sombong, usaha ini sudah membuka  banyak peluang pekerjaan buat seorang yang memiliki skill usaha kecil dan mampu mengatur keuangan usaha dan mampu menarik konsumen dengan pelayanan secara baik dan benar dan ketika usaha kita sedang dilanda krisis masalah keuangan janganlah pernah patah semangat dan harus berjuang supaya balance seperti sediakala usaha tersebut.

            Usaha kecil ini adalah salah satunya yang sukses karena keteguhan pemilik membangun usaha kecil-kecilan dari banyaknya usaha – usaha yang sukses, maka apabila kita ingin berwirausaha haruslah memiliki skill yang memadai tentang usaha dan niat untuk mencapai kesuksesaan bersama dalam membangun perekonomian bangsa indonsia ini, maka parawirausaha harus lah senang dalam mengerjakan program wirausaha ini.

Poin – poin dari usaha diatas :

  1. Kekurangan : fasilitas tempat duduk, apabila fasilitas tempat duduk lebih banyak dan nyaman buat konsumen maka akan lebih banyak konsumen yang akan berhenti sejenak untuk sekedar membeli minuman ataupun makanan
  2. Kelebihan : tempat yang strategis, karena usaha itu haruslah tepat memilih tempat yang banyak dilalui banyak orang
  3. Ancaman : debu yang menganggu karena berada di pinggir jalan
  4. Peluang : peluang usaha ini amat sangat lah besar apabila cara mengelola usaha ini dengan baik dan didukung pula dengan tempat yang strategis

 

NAMA KELOMPOK :

1. EKA FEBRILYANGGA ( 22212403 )

2. ARDY EKO PRIYANTO ( 21212051)

3. PRINGGA NUGRAHA ( 25212712 )
KELAS : ( 1EB25 )
PENGANTAR MANAJEMEN

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment